Arti Peribahasa "when life gives you lemons, make lemonade"

Pernahkah kalian membaca kalimat when life gives you lemons, make lemonade | saat kehidupan memberikanmu lemon, buatlah limun? Kira-kira apa artinya? Ya, kalimat ini akan sering ditemukan saat seseorang ingin memberikan semangat kepada orang lain yang sedang terkena kesusahan. Peribahasa itu menggambarkan lemon yang dianggap masam dan dibandingkan limun yang dianggap manis. Keduanya memberikan gambaran bahwa jika hidupmu terasa pahit, buatlah agar hidupmu terasa manis.

[caption id="" align="aligncenter" width="382"]File:Lemon April 2015-1.jpg Sebuah lemon
oleh: Alvesgaspar, sumber: Wikimedia Commons[/caption]

Peribahasa when life gives you lemons, make lemonade bisa dipadankan dengan berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian; bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.


Ungkapan ini awalnya dicetuskan oleh penulis Elbert Hubbart yang menulis kalimat dalam berita kematian tahun 1915 yang ditujukan kepada seorang aktor cebol bernama Marshall P. Wilder. Elbert memuji sikap penuh semangat dan hasil pencapaian Marshall walaupun dia mempunyai kekurangan.

[caption id="" align="aligncenter" width="351"]File:Holunderlimonade und espresso.jpg Segelas limun dan secangkir espresso
oleh: Takeaway, sumber: Wikimedia Commons[/caption]

"He was a walking refutation of that dogmatic statement, Mens sana in corpore sano. His was a sound mind in an unsound body. He proved the eternal paradox of things. He cashed in on his disabilities. He picked up the lemons that Fate had sent him and started a lemonade-stand."
"Dia merupakan sangkalan atas dogma yang selama ini ada, "mens sana in corpore sano | pikiran yang sehat terdapat dalam tubuh yang 'sehat'". Pemikirannya tumbuh dan berkembang dalam tubuh yang tidak semestinya. Dia mampu membuktikan perlawanan asas yang selama ini sudah mendarah daging. Dia mampu menghidupi dirinya sendiri dengan segala keterbatasannya. Dia pun menerima lemon yang sudah ditakdirkan untuknya dan segera membuat kedai limun."


Sumber



Archive.org

Komentar

Postingan Populer