#KataUnik Fressen dan Essen dalam Bahasa Jerman

[caption id="" align="aligncenter" width="360"]File:Nature neighbors, embracing birds, plants, animals, minerals, in natural colors by color photography, containing articles by Gerald Alan Abbott, Dr. Albert Schneider, William Kerr Higley...and other (14564396540).jpg Das Hörnchen frisst eine Walnuss | Tupai sedang makan kacang kenari
Karya: Internet Archive Book Images. Sumber: Wikimedia Commons[/caption]

Bahasa Jerman ternyata mengenal dua kata yang berbeda untuk makan, yaitu essen dan fressen. Essen dipergunakan untuk manusia sedangkan fressen dipergunakan untuk binatang.

Secara umum fressen memang dipakai untuk binatang, namun kata ini juga dipakai untuk manusia ketika ada pesan merendahkan, misalnya friss nicht, iss anständig! |  Jangan makan kocar-kacir, makanlah layaknya manusia beradab! Selain itu kata fressen juga dipergunakan untuk perumpaan misalnya du frisst wie ein Schwein! | Kamu makan layaknya babi! yang bisa diartikan jika pembicara mengumpamakan bahwa orang yang diajak berbicara makannya sangat lahap dan terburu-buru seperti binatang yang kelaparan.

Dalam dongeng karya Grimm Bersaudara | Die Brüder Grimm, kata fressen sebenarnya tidak hanya untuk binatang. Kata itu juga bisa juga berarti makan dengan lahap dan hanya terkait cara makan yang berkonotasi netral. Essen lebih terkait dengan makan dengan kenikmatan. Seiring zaman, fressen dipakai hanya untuk binatang, dan dipergunakan secara peyorasi atau merendahkan jika dipergunakan untuk manusia.


Essen memang kata khusus yang dipakai untuk manusia. Kadangkala, kata essen juga bisa dipakai untuk binatang. Khususnya binatang peliharaan atau binatang yang lucu dan imut.

Selain itu, ternyata bahasa Jerman juga mempunyai kata pembeda untuk minum yaitu trinken dan saufen. Trinken untuk manusia, sedangkan saufen untuk binatang. Saufen juga kadang dipergunakan untuk orang yang suka meminum bir.

Konjugasi essen dan fressen




































essenfressen
ich esseich fresse
du isstdu frisst
er/sie/es isster/sie/es frisst
wir essenwir fressen
ihr esstihr fresst
sie/Sie essensie/Sie fressen


Sumber:



Komentar

Postingan Populer