Alfabet Fonetis Internasional

Pernahkah kalian mendengar kata IPA? Bukan ilmu pengetahuan alam melainkan International Phonetic Alphabet atau yang lebih dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai Alfabet Fonetis Internasional (AFI). Sistem ini dibuat oleh Asosiasi Fonetis InternasionalInternational Phonetic Association.

AFI dipergunakan untuk membantu individu yang ingin mengetahui cara pengucapan suatu kata dari bahasa asing. Setiap kata atau kalimat yang mempergunakan AFI maka bisa dibaca oleh seluruh orang yang mempelajarinya. AFI sendiri merupakan bentuk turunan huruf Latin. Bagaimana bentuk hurufnya? Di bawah ini merupakan tabel standar AFI versi terbaruyang diterbitkan tahun 2015.

[caption id="" align="alignnone" width="3000"] Tabel resmi Alfabet Fonetis Internasional.
Karya: Asosiasi Fonetis Internasional. CC-BY-Sa 3.0[/caption]

Biasanya AFI dipergunakan dalam kamus untuk membantu cara baca suatu kata dan diapit dengan tanda /../. Kata selamat pagi jika dituliskan dengan AFI akan menjadi sə'la:mat pa'gi; tolong menjadi to'loŋ; selamat datang menjadi sə'la:mat da'taŋ. Jika kalian sudah bisa membaca dan mempergunakan AFI, maka akan mempermudah saat kita berlatih cara pengucapan bahasa yang kita pelajari.

Komentar

Postingan Populer