Sekilas Cerita tentang Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa dari rumpun bahasa Italik, keluarga bahasa Roman. Bahasa ini merupakan salah satu dari kelima bahasa resmi PBB. Bahasa Spanyol dipertuturkan di Spanyol, Guinea Khatulistiwa (Afrika) dan hampir sebagian besar Amerika Tengah dan Latin, kecuali: Brasil, Suriname, Guyana, Guyana Perancis dan Kepulauan Falkland/Malvinas.

Pertama kali belajar bahasa ini saat di kampus, awalnya saya iseng ingin mencoba belajar bahasa yang sering dipakai dalam Telenovela ini. Pertama belajar saya langsung merasa tertarik, terutama karena lafalnya yang tidak seabstrak bahasa Inggris atau Perancis yang tulisan dan lafal beda jauh.

Orang yang berkomunikasi menggunakan bahasa Spanyol disebut Hispanofon (hispanohablantes, hispanoparlantes atau hispanofonía). Mereka sendiri menyebut bahasanya sebagai Español atau Castellano. 

Sama seperti bahasa dari rumpun Indo-Eropa, bahasa Spanyol mempunyai banyak ketentuan tata bahasa. Mulai dari konjugasi verba, perubahan tunggal-jamak, kala, jender dsb. Kalau sempat nanti saya akan bahasa satu per satu dijadikan per tulisan. 

Mengapa Belajar Bahasa Spanyol?

Saya sering menemukan pertanyaan standar seperti ini, "Mengapa lu belajar bahasa Spanyol, sih? Emang guna?". Sekali lagi, belajar apapun itu pasti berguna, sama seperti kita bertanya mengapa sih kita belajar fisika, padahal untuk beberapa orang ilmu fisika jauh tidak penting dibandingkan urusan perut ^^. Saya belajar bahasa Spanyol karena tertarik dengan lafalnya, lafalnya yah bisa dikatakan tidak ada kesulitan bagi orang kita karena hampir sebagian besar lafal, bisa ditemukan padanan dalam lafal bahasa Indonesia.

Di Mana Belajar Bahasa Spanyol?

Sebenarnya banyak sumber-sumber daring untuk belajar bahasa ini. Untuk versi bahasa Indonesia bisa lihat di situs http://www.kursusspanyol.com/ situs ini merupakan situs dari Aula Cervantes di Universitas Trisakti, Jakarta. Jika berminat untuk belajar bisa langsung datang ke sini, kabarnya untuk mahasiswa Trisakti gratis, sayang bukan mahasiswa sana. Nah, selain di sana ada juga Lembaga Bahasa Internasional FIB UI, kalau mau berkunjung bisa ke Kampus UI Depok atau di Kampus UI Salemba.

Untuk versi daring yang berbahasa Inggris bahannya lebih beragam, yang paling penulis suka ada di http://en.wikibooks.org/wiki/Spanish, selain gratis, materi yang disajikan juga menarik.

Komentar

Postingan Populer