KBBI V Daring Diluncurkan!

Hari ini merupakan hari yang sungguh menyenangkan. Selain kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, Badan Bahasa juga (akhirnya) menerbitkan Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Untuk saat ini, kamus daring ini bisa diakses melalui alamat kbbi.kemdikbud.go.id.

Dari segi pelibatan masyarakat, Kamus Melayu Pusat Rujukan Persuratan Melayu oleh Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia dan Indonesian Oxford Living Dictionaries oleh Universitas Oxford juga telah memiliki fitur pelibatan masyarakat.


[caption id="attachment_6865" align="alignnone" width="1148"]kbbi-v-tampilan-entri-baru Cuplikan layar dari fitur penambahan entri baru[/caption]

Perubahan paling mengesankan yaitu adanya fitur pelibatan masyarakat umum, sehingga kita bisa turut serta mengusulkan kosakata baru. Hal ini tentunya sesuai dengan masa digital dengan derasnya arus informasi. Sekarang, keadaan tersebut kita bisa sebut menjadi kekinian, anak muda sekali bukan? Masyarakat yang dulu dianggap hanya pengguna bahasa semata dan pasif, sekarang diminta untuk aktif dan turut serta mengembangkan serta menjaga bahasa pemersatu ini.

Jangan lupa untuk ikut serta mengembangkan bahasa nasional tercinta kita ini. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

 

Komentar

Postingan Populer