#ManaYangBenar Malam Minggu atau Minggu Malam?

Orang Indonesia pada umumnya mempergunakan jangka waktu untuk membuat janji dan tidak selalu menyebutkan waktu secara rinci, semisal pagi, siang atau malam, alih-alih mempergunakan jam. Kita biasa mendengarkan ungkapan, "Besok malam, saya (aku, gue) mampir ke rumah, ya?" dan kita terbiasa menjawab, "Boleh, agak malam tidak apa-apa." Kebiasaan ini juga menimbulkan kerancuan jika kita menambahkan kata hari, baik setelah atau sebelum waktu yang dimaksud.

Kata pagi dan siang hanya dapat diletakkan di belakang kata hari, semisal Minggu pagi, Senin siang, Rabu pagi, dan seterusnya. Kata malam sebaliknya sangat unik dan luwes. Kata ini bisa diletakkan baik di depan maupun di belakang hari. Keluwesan kata malam ini acap kali membuat penutur bahasa Indonesia bingung akan maksud dan perbedaan letak kata malam.

Jika kata malam di depan hari, berarti merujuk ke malam pada hari sebelumnya, misalnya malam Minggu artinya hari Sabtu malam. Lain halnya jika diletakkan pada belakang hari maka kata malam tersebut memiliki arti tersurat, jadi, Minggu malam artinya Minggu malam, bukan yang lain. Jadi, jangan sampai kebingungan lagi dengan perbedaan makna kata malam yang tergantung dengan letaknya.

Komentar

Postingan Populer