Presensi dan Absensi

Semasa duduk di bangku sekolah, guru kita selalu menanyakan siapa yang absen hari ini dan kemudian mencatatnya dengan rapi dalam buku absen. Semasa kuliah, kita juga sering meminta teman untuk mengisi daftar absen alias nitip absen. Tahukah kalian bahwa beberapa penggunaan kata absen di atas salah kaprah?

[caption id="" align="aligncenter" width="429"]File:Presenční listina Umělecké besedy 1863.jpg Daftar hadir atau presensi pendiri Umělecká beseda, serikat kongsi pengusaha Ceko tahun 1863. Karya: ranah umum. Sumber: Wikimedia Commons[/caption]

Absen itu merupakan kata kerja dan berarti tidak hadir. Kata bendanya yaitu absensi yang bermakna ketidakhadiran. Presensi merupakan lawan kata dari absensi yaitu kehadiran.


Dalam KBBI Daring, absensi berarti ketidakhadiran. Kalau begitu daftar absen atau absensi harusnya dimaknai dengan daftar orang yang tidak hadir. Nitip absen juga harusnya dimaknai bahwa kita harus menandai dalam buku absen jika teman kita tidak masuk kuliah atau absen. Lucu bukan?

Kata yang tepat yang dipergunakan untuk memaknai absensi yaitu presensi. Presensi dalam KBBI Daring berarti kehadiran. Jadi, masihkah kalian akan menitip absen?

Komentar

Postingan Populer