Dunia Salju dalam Khazanah Bahasa Indonesia

[caption id="" align="aligncenter" width="504"]File:20100228 McCormick Tribune Plaza Chicago Winter Dance 2010.JPG Gelanggang seluncur es di Chichago, Amerika Serikat.
Karya: TonyTheTiger. Sumber: Wikimedia Commons[/caption]

Beberapa hari terakhir berita tentang gelanggang seluncur es bernama スペースワールド | Supēsu Wārudo atau Space World di Yahatahigashi | 八幡東Kitakyūshū | 北九州Jepang日本 sedang gencar diberitakan. Gelanggang ini membekukan ikan dan beberapa jenis binatang laut di wahana seluncur esnya. Media arus utama di Indonesia, semisal Detik, Okezone, dan juga Kompas, mempergunakan ice skating, padahal bahasa Indonesia sudah mempunyai padanan yang cukup pas yaitu seluncur es.

Bahasa Inggris mengenal ice skate untuk sepatu seluncur es, ice-skate untuk tindakan berseluncur es, ice skating untuk olahraga seluncur es, dan ice-skating untuk bentuk partisip kala sekarang dari ice-skate.


Walau nenek moyang kita tidak mengenal salju dan juga es, sekarang kedua hal ini sudah cukup diketahui oleh masyarakat kita. Kita makan es krim, minum es teh, serta sering membeli es teler. Es sendiri berasal dari bahasa Belanda, ijs /ɛi̯s/. Kita juga mengenal lemari es, lemari pendingin atau kulkas yang berasal dari bahasa Belanda koelkast bentukan dari kata kerja koelen | membekukan, dan kast | lemari.

Kata lemari ternyata dari bahasa Portugis armario, sehingga bisa disimpulkan kata bentukan lemari es merupakan konsep turunan bahasa Belanda dengan mengubah konsep dari lemari untuk membekukan menjadi lemari untuk penyimpanan es. Bahasa Belanda menekankan proses terbentuknya sedangkan bahasa Indonesia menekankan hasil.


[caption id="" align="aligncenter" width="452"]File:Sneeuw1.jpg Pohon bersalju. Karya: Dick Mudde. Sumber: Wikimedia Commons[/caption]

Selain es, kata unik lainnya yaitu salju. Salju menurut LWIM berasal dari bahasa Arab ثَلْج | ṯalj. Dalam KBBI, kita juga bisa menemukan beberapa kata turunan dari salju, ada salju baru, salju embus, salju lama, salju layang, salju melalang, salju tiupan, dan salju tua.

Komentar

Postingan Populer