Salam dalam Bahasa Italia

Sandra: Ciao, Giulia!

Giulia: Ciao, Sandra!

Sandra: Come stai? Tutto bene?

Giulia: Sì! Tutto bene, grazie. E tu?

Sandra: Benissimo! Devo andare presto. Arrivederci!

Giulia: Arrivederci!


 

[caption id="" align="alignleft" width="214"] Orang Italia.  sumber: commons.wikimedia.org[/caption]

 

Jika kita sering melihat filem Italia, kita pasti sering mendengar kata ciao ataupun arrivederci. Kedua kata ini merupakan salah satu salam dalam bahasa Italia. Kita harus memperhatikan penggunaan salam dalam bahasa Italia karena bahasa Italia membedakan salam dalam bentuk formal maupun informal.

Mari kita bahas kata-kata yang ada dalam dialog di atas.

Ciao



Ciao (/ˈtʃao/ lafal BI: chao ) merupakan salam yang paling sering dipergunakan oleh orang Italia. Artinya ada dua, yaitu halo dan dah (ragam cakap informal dari selamat tinggal). Ciao merupakan bentuk informal jadi dipergunakan untuk orang yang sudah kita kenal atau yang lebih muda daripada kita. Perhatikan juga bahwa kita bisa mempergunakan ciao sebagai salam pembuka (halo) dan penutup (selamat tinggal)

Come stai? / Come sta?



Kedua sapaan di atas berarti apa kabar dalam bahasa Indonesia. Come stai (lafal BI: kome stai) digunakan dalam ragam informal, misalnya dengan teman sebaya atau yang lebih muda, namun kadangkala bisa juga kepada orang yang lebih tua jika sudah akrab. Come sta (lafal BI: kome sta) digunakan dalam ragam formal, misalnya dengan dosen, orang yang lebih tua atau yang kita hormati.

Grazie



Grazie (/ˈɡrattsje/, lafal BI: gratsie) merupakan ucapan terima kasih. Ada beberapa varian untuk menggantikannya, misalnya: grazie mille (terima kasih banyak),ti ringrazio (saya ucapkan terima kasih - informal).

Arrivederci / Arrrivederla



Arrivederci (/ar.ri.veˈder.tʃi/ lafal BI arivederchi) berarti sampai jumpa, sama seperti ciao. Jika dilihat dari asal katanya a (ke) + ri (lagi) + vedere (melihat) + ci (kita) maka bisa diartikan sampai kita jumpa lagi. Bentuk formal dari arrivederci yaitu arrivederla.




Terjemahan dialog

Sandra: Ciao, Giulia!
Giulia: Ciao, Sandra!
Sandra: Come stai? Tutto bene?
Giulia: Sì! Tutto bene, grazie. E tu?
Sandra: Benissimo! Devo andare presto. Arrivederci!
Giulia: Arrivederci!


Sandra: Halo, Julia!
Giulia: Halo, Sandra!
Sandra: Apa kabarmu? Semua baik-baik saja?
Giulia: Ya! Semua baik-baik saja, terima kasih. Bagaimana denganmu?
Sandra: Baik sekali! Saya harus segera pergi. Sampai jumpa!
Giulia: Sampai jumpa!













 

 

Komentar

Postingan Populer